Rabu, 24 Mei 2017

Home » » Benda Kecil Ini Salah Satu Penyebab Nicky Hayden Meninggal

Benda Kecil Ini Salah Satu Penyebab Nicky Hayden Meninggal

Senyum Pembalap Ducati MotoGP Nicky Hayden/REUTERS

MENDENGARKAN musik dengan earphone saat mengemudi memanglah menyenangkan, terutama saat berkendara sendirian. Namun tahukah Anda bahaya yang bisa saja dialami? Terlalu sering orang mengabaikannya sehingga banyak yang mengalami kerugian bahkan hingga merenggut nyawa. Kisah Nicky Hayden ini dapat jadi pelajaran.

Nicky Hayden seorang pembalap sepeda motor yang pernah memenangkan juara MotoGP di tahun 2006 meninggal dunia saat sedang berlatih sepeda. Nicky ditabrak mobil sedan hingga terpental kearah kaca depan mobil tersebut. The Kentucky Kid, julukan Nicky ini, sempat dirawat di rumah sakit Maurizio Bufalini selama lima hari sebelum akhirnya meninggal.

Seperti dilansir Express.co.uk, kepolisian Rimini memiliki rekaman CCTV di perempatan jalan Via Tovoleto. Lokasi ini menjadi tempat kejadian yang dialami Nicky Hayden. Dalam rekaman tersebut, Nicky diduga sedang asyik mendengarkan musik di iPod-nya. Dia terlihat menerobos lampu merah sehingga tidak mendengar saat ada mobil melintas.

Begitu besar dampak yang disebabkan benda kecil tersebut. Memang hanya sebuah benda kecil. Namun, jika tidak tepat dalam penggunaannya, ternyata dapat mengalami kerugian. Peristiwa ini kembali mengingatkan kita tentang bersepeda sambil mendengarkan musik dengan earphone benar-benar mengundang resiko.

Ambang pendengaran terpengaruh
Menurut doktersehat.com, paparan musik dengan earphone atau headset dapat mempengaruhi ambang pendengaran manusia. Hal ini terutama bila dilakukan dengan volume keras dan dalam jangka waktu lama. Secara perlahan efek ini akan mengarah pada gangguan pendengaran secara permanen.

Memang penggunaan earphone saat mengemudi tidak secara eksplisit ilegal. Namun, memakai earphone saat mengemudikan kendaraan tetap berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan parah.

Seperti yang dikutip dalam myrna.com, dalam beberapa keadaan suara yang datang dari earphone dimungkinkan menyebabkan gangguan yang cukup signifikan. Sehingga, pengemudi seringkali tidak memiliki kontrol yang penuh terhadap kendaraan.

Begitu banyak kecelakaan yang dialami ketika mengemudi sambil mendengarkan musik menggunakan earphone. Namun masih banyak juga yang mengabaikannya tanpa memikirkan dampaknya.

Peristiwa yang dialami Nicky Hayden seharusnya bisa menjadi pelajaran. Orang yang biasa menggunakannya dapat mulai mengurangi penggunaan earphone saat mengemudi demi keselamatan bersama. Dalam hal ini bukan hanya diri Anda yang mengalami kerugian. Namun orang-orang disekitar Anda juga akan merasakan akibat dari ketidakpedulian Anda.
Share this games :

0 komentar:

Posting Komentar